Table of Content

Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot

Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot

Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot - Pada Kesempatan artikel kali ini, saya akan membahas tentang tutorial Blogger lagi, yaitu tentang Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot.

Apa itu Redirect 301

Redirect 301 Blogspot adalah suatu metode untuk mengalihkan url domain lama ke url domain baru secara otomatis, ini berlaku untuk semua jenis post, seperti Postingan ataupun static page. Yang berarti redirect 301 ini tidak hanya mengalihkan url domain Homepage saja.

Redirect 301 ini berlaku untuk semua jenis domain, mau domain bawaan platform atau juga bisa domain dengan Custom TLD, untuk ilustrasi sederhananya seperti berikut ini :

https://www.urldomainku.com/
https://www.urldomainku.com/p/halaman-statis.html
https://www.urldomainku.com/2021/08/redirect-blogger.html
Ketika semua domain lama tersebut di redirect 301 ke domain baru, maka hasilnya akan seperti dibawah ini:
https://www.urldomainku.org/
https://www.urldomainku.org/p/halaman-statis.html
https://www.urldomainku.org/2021/08/redirect-blogger.html
Script di redirect ini memang dikhususkan untuk pengguna CMS Blogger/Blogspot saja.

Alasan Menggunakan Redirect 301

Ketika kalian ingin melakukan Redirect 301 ini, pasti ada alasan dong, kenapa kalian melakukan hal ini, disini saya akan menyimpulkan beberapa alasan kalian melakukan Redirect 301 ini.

Nama Domain Kurang Bagus 

Ketika kalian membeli domain pertama kali mungkin rusuh atau tidak difikirkan secara matang, kemudian setelah blog sudah mulai terbangun dan sudah ada visitornya, kalian ingin mengganti nama domain, tapi tidak ingin kehilangan pengunjung blog.

Domain di Banned Google Adsense

Mungkin domain blog kalian yang sudah di Approve Google Adsense terkena banned oleh pihak Google, maka secara otomatis jika kalian melakukan pengjuan Google Adsense baru menggunakan domain bekas banned ini, maka secara otomatis akan instan ditolak, salah satu solusinya adalah mengganti domain baru.

Nah, intinya kalian melakukan redirect 301 ini adalah mengganti url domain lama ke domain baru Tanpa kehilangan pengunjung dan pagerank blog kita di Google Serp, itulah tujuan utamanya.

Sekarang bagaimana caranya untuk Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot, simak aja terus sampai selesai oke.

Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot

1. Yang pertama sudah pasti kalian harus sudah membeli domain baru dan sudah terpasang ke blognya.

2. Setelah proses propagasi selesai, maka proses Redirect 301 ini bisa langsung dimulai.

3. Buat blog yang baru, lalu pasangkan domain yang baru kalian beli ke blog baru tersebut.

4. Lalu kalian pindah ke blog lama, buka Setelan>Kelola Blog>Lalu klik Cadangkan Konten.

Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot

5. Buka blog baru lagi, masuk ke halaman Setelan>Kelola Blog>Lalu klik Impor Konten. Masukan file yang sudah di cadangkan tadi.

6. Lalu buka dashboard blog lama lagi, masuk ke halaman Tema>Edit HTML>Masukan script ini tepat diatas kode </head> atau &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt;
<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://www.domainbaru.net' + window.location.pathname;
</script>

Ganti https://www.domainbaru.net dengan domain baru kalian.

7. Lalu kalian klik Simpan Template.

Jika sudah, kalian cek di blog domain baru, apalah permalink nya sudah sama semua dengan blog lama kamu, jika ada yang belum sama, maka nantinya akan menjadi Error 404, maka kalian harus edit manual permalink yang berbeda.

Kenapa Ribet ?

Memang dari Blogger nya sendiri tidak menyediakan tools atau alat seperti Plugin untuk mengalihkan secara otomatis, berbeda dengan Wordpress Self-hosted, ada Plugin yang bernama Velvet Blues Update Urls yang mengubah seluruh permalink domain lama ke domain baru tanpa error.

Seperti itulah penjelasan tentang Cara Redirect 301 Domain Lama ke Domain Baru di Blogspot, terimakasih yang sudah baca dan semoga artikel bisa bisa kalian fahami dengan baik ya.

Posting Komentar