Table of Content

Cara Cek dan Mengatasi Broken Link di Blog

Cara Cek dan Mengatasi Broken Link di Blog

Cara Cek dan Mengatasi Broken Link di Blog - Broken link mungkin salah satu penyebab menurunnya kualitas SEO di artikel kita, tak hanya dari segi SEO saja, Broken Link ini bisa menurunkan posisi artikel di search engine.

Dan dengan adanya Broken Link di blog/website kita, kemungkinan besar pengunjung blog kita akan menurun drastis, karena pengunjung tidak bisa melihat apa yang dia cari, melainkan hanya melihat halaman 404 Error. Masalah ini sangat fatal sekali untuk blog kita bukan ?

Hampir saja lupa, mungkin ada juga kalian yang baru terjun di dunia per-bloggingan, apa sih Broken Link itu ? Broken Link adalah sebuah link yang nanti saat kita buka, akan muncul halaman error/tidak aktif. Sesimpel itu saja untuk penjelasan dari Broken Link.

Penyebab Adanya Broken Link

Mungkin banyak dari kalian yang menanyakan, Apasih Penyebab dari adanya Broken Link dari blog kita ? Ada banyak faktor yang menyebabkan adanya broken link, diantaranya :

#1. Salah Penulisan Link

Ini menjadi salah satu yang sering saya alami juga, salah penulisan link yang ingin kita tuju juga akan menyebabkan terjadinya broken link, meskipun hanya salah beberapa huruf saja, jadi pastikan penulisan link secara teliti dan benar.

#2. URL Sudah Tidak Aktif

Kedua, penyebab dari broken link adalah url sudah tidak aktif, hal ini sudah sangat wajar di dunia per-bloggingan, jadi bagi kalian para blogger yang suka menyediakan Content Placement, dimohon untuk secara teliti ketika pengirim artikel menyematkan link di tulisannya, cek lagi apakah link sudah tertuju dengan benar.

#3. Mengganti Domain

Nah, penyebab yang satu ini mungkin URL yang kamu sematkan ke tulisan sudah berganti domain, jadi segeralah perbaiki secepatnya.

Cara Cek dan Cara Mengatasi Broken Link di Blog

Setelah kita sudah mengetahui penyebab adanya broken link pada website/blog kita, cara mengatasinya bagaimana ? Untuk cara mengatasinya ada dua metode, bisa metode manual ataupun otomatis, jika kalian suka manual, bisa cek satu-satu artikelnya dan cari link yang mati, itupun akan sangat melelahkan, jadi pada artikel ini kita akan menggunakan bantuan website pendeteksi broken link.

Website yang akan saya gunakan pada kali ini, yaitu brokenlinkcheck.com , silahkan kalian pakai yang mana saja yang kalian mau.

Menggunakan Situs Broken Link Check

  • Pertama, buka situs brokenlinkcheck.com
  • Lalu, masukan alamat url blog kalian ( tanpa https:// atau http:// )
  • Jika sudah, masukan security code yang tertera.
  • lalu pilih Report distinct broken links only.
  • Lalu, klik Find Broken Links Now.
Cara Cek dan Cara Mengatasi Broken Link di Blog

Jika website/blog kalian tidak ada broken link, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Tidak ada broken link

Dan jika website/blog kalian terdapat broken link, maka tampilannya akan seperti gambar ini.

Terdapat Broken Link di blog

Untuk cara mengatasinya, kalian klik link anchor "url" di tab Page " Where Found " maka nanti akan dibawa ke artikel yang terdapat broken link nya, dan lihat bagian Link Text, itu menjelaskan bahwa link yang mati adalah link dengan tulisan tersebut, kalian tinggal edit postingan yang mengandung broken link tersebut.

Seperti itulah untuk Cara Cek dan Mengatasi Broken Link di Blog, semoga bermanfaat, untuk kedepannya, cek dengan teliti teks yang mengandung link, apakah link tersebut sudah benar atau nantinya akan menjadi 404 Error.

Dan saran saya, lakukanlah pengecekan broken link ini minimal 2 kali dalam 1 bulan, gunanya untuk menjaga blog kalian ramah di pengujung, mesin pencari, dan pastinya artikel tetap SEO.

Posting Komentar